Mengatasi Bau Apek pada Rambut karena Pakai Jilbab

Bau apek pada rambut karena menggunakan jilbab akan semakin menyengat jika tidak dicari solusinya dan diatasi dengan baik. Bau apek yang timbul tentu saja mengurangi kenyamanan dan mengganggu orang sekitar. Bau apek yang muncul pada dasarnya disebabkan oleh keringat yang meresap kembali ke dalam kulit kepala dan bercampur dengan bakteri. Hal ini juga memicu timbulnya ketombe yang membuat kulit kepala terasa gatal. Ketidaknyamanan ini jangan menjadi sesalan dalam menggunakan jilbab. Akhwat, perintah Allah SWT untuk mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh adalah hal yang wajib dipatuhi oleh setiap muslimah. Tentu ada solusi untuk mengatasi masalah rambut yang kurang bersahabat tersebut. Ini dia jawabannya:

Keringkan rambut ketika akan pakai jilbab

Sebelum mengikat rambut setelah mandi, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mengeringkan rambut. Rambut yang diikat dalam keadaan basah akan menjadi lembab dan memicu perkembangan jamur. Terutama pada tumpuan rambut diikat, baunya akan sangat menyengat dan tetap basah ketika ikat rambut dilepas. Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk membuat rambut kering dalam waktu yang lebih cepat, yaitu membalutnya dengan handuk, menggunakan bantuan kipas angin, dan memakai hair dryer. Terutama bagi ukhti yang sibuk ingin pergi ke kantor atau ke sekolah, butuh cara yang terbaik agar rambut bisa segera diikat. Selain itu pula, usahakan ikatan rambut tidak terlalu kuat agar sirkulasi udara bisa lancar dan memberi peluang untuk rambut menjadi kering secara maksimal.

Keramas di sore hari

Jika keramas di pagi hari relatif menyibukkan Anda karena rambut harus dikeringkan, tidak ada salahnya untuk keramas sekali dalam sehari, yakni pada sore hari. Dengan begitu di pagi hari rambut bisa langsung diikat tanpa harus menunggunya kering. Ketika sore lakukan keramas secara rutin untuk membuat rambut menjadi segar dan terawat, sekaligus membersihkan dari keringat dan bakteri. Keramas di sore hari lebih efektif dalam menjaga keharuman rambut dibandingkan hanya keramas di pagi hari. Hal ini dikarenakan dalam setiap hari tubuh melakukan aktivitas dan ini menghasilkan keringat yang memicu jamur serta bakteri berkembang biak ketika tidak terbersihkan secara optimal.

Pilih shampo yang pas

Shampo juga sangat berpengaruh terhadap keharuman rambut usai keramas. Supaya bau efek dapat hilang secara maksimal sebaiknya gunakan shampo yang tepat, salah satunya memiliki keharuman yang kuat namun aman digunakan. Wangi shampo bisa bermacam-macam yang pastinya bersumber dari bahan utama pembuatan shampo, seperti ginseng, lidah buaya, daun urang aring, dan lain sebagainya. Gonta-ganti shampo kuranglah baik karena dapat menyebabkan rambut rontok dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, periksa dan lihat kemasan produk guna mengetahui bahan-bahan yang digunakan supaya dapat memilih shampo yang pas.

Pakai conditioner

Pemakaian conditioner juga efektif dalam membantu mengatasi masalah rambut, baik itu rambut kering maupun kusam. Di samping itu, conditioner juga menambah keharuman pada rambut. Agar hasilnya menyenangkan, pilih conditioner yang tepat dan sesuai dengan merek shampo yang dipilih. Jangan lupa gunakan conditioner sesuai petunjuk.

Bau apek pada rambut akan semakin menyengat seiring bertambahnya usia sebab pemakaian jilbab yang semakin lama. Semoga beberapa cara di atas bisa menjadi solusi untuk membuat rambut terurai dengan indah dan tetap harum. Tanpa harus melepas jilbab, kecantikan rambut tetap terjaga seutuhnya.

Comments are closed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *